Judul                 judul Jadi Penulis? Gampang kok!
Penulis              : Ari Wulandari
Penerbit            : Penerbit Andi
Tahun Terbit     : 2008

Ari Wulandari atau panggilan penulisnya Ari Kinoysan Wulandari memang salah satu aset sastra Indonesia, banyak judul buku yang Ari terbitkan seperti Hot chocolate, meow, kingkong jatuh cinta, Gara-gara marcela, Kisah Cinta Insan & Kamil dan masih banyak lainya. Berkecimpung dalam dunia sastra sejak bangku SMP serta mampu bertahan hingga saat ini membuktikan bahwa Ari adalah penulis yang mempunyai kualitas. Bermodalkan pengalaman menulis yang ia miliki, Ari mencoba menerbitkan buku yang bertajuk tetang trik, tips, kiat, strategi kepenulisan dengan judul Jadi Penulis? Gampang kok!
Pengalaman seorang Ari memang menjadi bahan utama yang diulas dalam buku ini dan menjadi isi utama dalam isi. Keinginan kuat seorang Ari remaja agar cerpen-cerpenya dimuat dimajalah langganan ibunya membuat ia bersemangat menghasilkan cerpen yang menurutnya lebih bagus dan pantas untuk diterbitkan, dengan pantang menyerah Ari terus berkaya guna menghasilkan tulisan yang berkualitas.
Ulasan perbab yang padu antara bab satu dengan bab yang lain menjadikan buku ini sangat asyik untuk dibaca sampai akhir tak mengherankan jika buku ini merupakan salah satu buku yang menjadi subsidi pemerintah kepada perpustakaan di Indonesia.
Dalam menulis sebuah karangan baik novel ataupun cerpen tidak luput dari masalah-masalah yang dapat menggangu kita untuk menyelesaikan sebuah karangan. Dalam buku ini dipaparkan secara detail masalah seorang Ari dalam menghasilkan tulisan dan bagaimana cara menghadapainya, dengan penyampaian yang khas buku ini bisa menjadi salah satu referensi bagi penulis pemula yang akan mencoba menulis novel atau cerpen. Tidak itu saja, dalam buku ini juga memuat hal apa saja yang harus dipersiapkan oleh seorang penulis pemula, mulai dari alat, suasana yang harus diciptakan, kondisi fisik seorang penulis itu sendiri. Ada satu hal yang menarik yang dimuat dalam buku ini, Ari tidak hanya menyodarkan cara-cara dan tips serta kumpulan masalah yang dihadapi oleh seorang penulis, namun ia juga menyisipkan pengalaman hidupnya, menariknya lagi ia gunakan sebagai motivasi untuk pembaca buku ini, tak heran buku yang mempunyai judul menarik ini terasa sangat hidup ketika kita membacanya
Pemaparan isi yang tidak monoton bahkan sering deselingi percakapan menambah nilai plus buku ini. Ada beberapa percakapan yang asik untuk diikuti karena sekali lagi Ari menyampaikan buku ini dengan khas dan mudah dipahami oleh pembaca.
Menyinggung soal tips dalam menghasilkan sebuah tulisan tentunya tidak bisa lepas dari pemikiran yang kreatif dan pengalaman yang bagus dari Ari. Dalam buku banyak sekali tips yang bisa kita gunakan mulai dari langkah pertama sampai dengan bagaimana agar tulisan kita bisa terbit di majalah, koran, buletin atau bahkan sebuah novel. Tak tanggung Ari menyisipkan puluhan alamat penerbit di Indonesia yang bisa digunakan oleh penulis pemula untuk menerbitkan tulisanya.
Dalam buku ini Ari cenderung menggunakan bahasa ringan anak muda yang gaul dan asyik untuk dibaca oleh kaum muda, bahasanya yang ringan menjadi kelebihan selanjutnya yang dimiliki buku ini, namun bahasa ini juga bisa menjadi salah satu kekurangan jika pembaca tidak cocok dengan bahasa anak muda yang digunakan Ari dalam buku ini.

Harus kita buku nonfiksi karya Ari Kinoysan Wulandari memiliki kualitas, cara penyampaian yang khas dan ringan, isi yang menarik, referensi yang update serta bahasa yang ringan cocok untuk anak muda yang mulai enggak membaca. Kekurangan hanya terletak pada bahasa dan si pembaca, jika si pembaca tidak menyukai bahasa ringan ala anak muda tentu ini akan menjadi kekurangan yang sangat mencolok.